Monday, July 9, 2012

Cara Mengganti Nama di Facebook Dengan Tulisan Arab, China, Jepang dan Korea


Oleh : خرثم دوي لاكسونو

Tutorial facebook ini akan menjelaskan bagaimana cara mudah mengganti nama facebook dengan tulisan/huruf Arab, jepang china dan korea. Sebenarnya konsep yang digunakan sama saja dengan mengganti nama facebook pada umumnya, kita hanya perlu menuliskan Nama Depan dan Nama Belakang, lalu klik tombol Ganti Nama. Perbedaannya cuma pada bentuk tulisannya aja, untuk bahasa Indonesia, Inggris, tinggal ketik dikeyboard sudah beres. Untuk bahasa Arab kita perlu media bantu, klu windows yang Anda pakai sudah Windows dan keyboard arabic/Japanese/Chinese/Korean jelas tidak akan ada masalah.
Nah untuk penggunaan huruf arab kita perlu media bantu untuk menghasilkan tulisan Arab dengan windows xp non arabic dan keyboard standard America (yang sering kita gunakan). Untuk itu kita bisa menggunakan situs mesin pencari bahasa Arab, Yamli.http://www.yamli.com/
Penggunaan mesin pencari Yamli sangat mudah, tinggal masukkan kata seperti biasa dalam bahasa Inggris/Indonesia (dengan keyboard standard), maka Yamli akan secara tidak kasat mata beroperasi menerjemahkan huruf Latin Inggris/Indonesia ke dalam konversi huruf Arab, kemudian dari situ, mereka menggunakan mesin pencari Google Arabic Version untuk mencari kata yang telah ditransliterasikan dan hasilnya akan dikembalikan ke dalam bahasa Arab
Untuk penulisan dalam bahasa jepang memang sedikit rumit, sebab anda harus mengetik sendiri nama anda persuku katanya, melaluihttp://id.wikipedia.org/wiki/Katakana untuk huruf jepang dengan cara copy – paste.

Sedangkan tulisan/huruf China dan korea sendiri sampai saat ini saya belum menemukan mesin pencari ( search engine ) yang bisa mengkonversi secara otomatis kedalam huruf china dan korea. Tapi tenang anda dapat menggunakan Font style pada softwere yg tertanam dalam computer anda.
Nah yang menjadi permasalahan tidak semua computer dengan “Softwere Standart” memasukkan aplikasi Font ini. Anda dapat mendownloadnya secara GRATIS di http://www.1001freefonts.com/Inipun anda juga harus menggunakan cara Copy-Paste
Setelah tulisan Arab/Jepang/China/Korea sudah kita dapatkan, selanjutnya tinggal mengganti nama facebook dengan tulisan tersebut, Anda harus login terlebih dulu ke akun facebook, dari menu klik Akun, Pengaturan Akun,pada Nama, klik Ganti, lalu paste Nama Dengan dan Nama Belakang dalam huruf tadi pada masing-masing kotak inputnya, dan jangan lupa klik tombol Ganti Nama untuk menyimpan settingan. Coba refresh browser Anda atau klik pada Branda Facebook, dan nama facebook Anda akan berubah menjadi huruf Arab/Jepang/China/Korea
Untuk memudahkan teman mencari dan mengenali profil facebook Anda sebaiknya Nama Lain Lengkap (optional) tulislah nama lengkap Anda.

Semoga bermanfaat

9 comments:

Abdl Qwy Chesterton Rizal 55 said...

salaam. kenapa aku ga bisa pakai nama akun dan alternativ fb berbahasa earab, tapi pakai nama akun dan alternativ latin bisa? pada hal akun lain bisa. mohon bantuannya! trims

Unknown said...

Ejaan yg agan masukkan pada waktu mengakses Yamli mungkin kurang benar. Jika saya rubah Ejaan nama agan menjadi Alrrajul dan saya masukkan dalam mesin pencarian Yamli maka yg keluar adalah : الرجول

Fendra Alvaro said...

Gak bisa gan,, setelah diganti nama facebook selalu keluar peringatan seperti ini,
Nama profil Anda tidak boleh mengandung karakter yang berasal lebih dari satu alfabet.

Gmn caranya gan mohon bantuannya.

Unknown said...

Kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan KI ANGEN DARWO dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi KI ANGEN DARWO dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan KI ANGEN DARWO meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan KI ANGEN DARWO kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik KI ANGEN DARWO sekali lagi makasih yaa KI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja KI ANGEN DARWO DI 0 8 5 3 2 5 2 9 1 9 9 9 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.

Unknown said...

Saat mengganti akun fb ku di ubah jadi tulisan korea kok selesai di klik muncul tulisan nama terlalu panjang padahal cuman dikit(김수기터)

Unknown said...

Yesterday

Unknown said...

HaikalO2

Unknown said...

Akudankamu

Unknown said...

Aku sayang kamu